Mengenal Pengertian Dan Manfaat Blog

Image result for Blog



Assalamu'alaikum wr.wb.     

Kali ini saya akan membahas tentang Pengertian Dan Manfaat Blog. Mungkin istilah Blog ini sebagian orang sudah banyak yang tahu, apalagi dijaman sekarang, dimana pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angka 42 juta orang (2014), dengan pertumbuhan di tahun 2013 ke tahun 2014 mencapai angka 9% atau sebesar 3,4 juta pengguna (berdasarkan data yang saya dapat dari beberapa website statistik untuk pengguna internet di Indonesia).


Kali ini saya tidak membahas hal tersebut terlalu jauh tentang pengguna internet di Indonesia, karena seperti kita ketahui bahwa yang namanya Facebook, Twitter, Pinterest dan media social lainnya sangat booming belakangan ini.

Namun, ada satu hal yang cukup menarik perhatian saya, yaitu pengguna blog (Istilahnya sering disebut sebagai Blogger). Walaupun pamor Blog tidak seheboh beberapa tahun belakangan, namun eksistensinya tetap bertahan dan kekuatannya bisa melebihi media sosial.  

Bahkan saat ini, kekuatan yang dimiliki sebuah blog mulai dilirik sebagai penunjang promosi di dunia marketing. Cukup banyak website-website yang memasukkan blog kedalam website mereka sebagai salah satu ujung tombak pemasaran dalam memperkenalkan produk mereka di internet.  

Image result for Blog

Pengertian Blog

Blog merupakan singkatan dari web log, adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.  

Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Salah satu platform blog yang cukup populer sampai saat ini diperkenalkan oleh Pyra Lab dengan nama situsnya Blogger.com, namun kepemilikannya telah diakuisisi pada tahun 2002 oleh Google dan lebih dikenal dengan nama lain yaitu Blogspot.

Sebenarnya ada banyak platform yang bisa kamu gunakan sebagai media untuk membuat blog, dua platform yang cukup terkenal dan mudah dalam pengoperasiannya hingga saat ini adalah Blogger.com (Blogspot) dan Wordpress.com.

Image result for Blog

Manfaat Blog

Perkembangan blog yang saat ini masih cukup pesat, disebabkan oleh banyaknya pengguna blog serta manfaat yang bisa didapatkan dari sebuah blog. Berikut beberapa contoh manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan ngeblog. 

1. Menghindari kegiatan yang bersifat negatif dan menyalurkannya kedalam kegiatan lain khususnya menulis.

2. Dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk menjadi seorang penulis yang baik. 

3. Dapat dijadikan mesin penghasil uang melalui media periklanan, jaringan affiliasi, review produk, dll 

4. Dapat digunakan untuk merekam kegiatan rutin baik kegiatan sehari-hari maupun kegiatan proyek melalui tulisan.

5. Media berbagi pendapat dan tulisan dengan orang lain. 

6. Media promosi untuk berjualan baik barang ataupun jasa. 

7. Membangun jaringan baik usaha maupun jaringan pertemanan, dll. 

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang Pengertian Dan Manfaat Blog. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Assalamu'alaikum wr.wb. Kali ini saya akan membahas tentang Pengertian Dan Manfaat Blog. Mungkin istilah Blog ini sebagian orang sudah banyak yang tahu, apalagi dijaman sekarang, dimana pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angka 42 juta orang (2014), dengan pertumbuhan di tahun 2013 ke tahun 2014 mencapai angka 9% atau sebesar 3,4 juta pengguna (berdasarkan data yang saya dapat dari beberapa website statistik untuk pengguna internet di Indonesia).