Cara Membuat Blog di Blogspot Lengkap Untuk Pemula

Image result for blogger

Assalamu'alaikum wr.wb.

Kali ini saya akan membahas tentang Cara Membuat Blog di Blogspot Lengkap Untuk Pemula. Untuk membuat blog di Blogspot dibutuhkan akun Google, bagi kamu yang sudah memiliki alamat email di Google, kamu dapat melewati tahap ini dengan menggunakan alamat email kamu tersebut untuk login di Blogspot, namun bagi yang belum punya mari kita lanjutkan cara membuat akun di Google. Berikut adalah langkah langkah untuk membuat akun di Google. 


1) Buka situs http://www.blogger.com pada browser yang kamu gunakan, kemudian kamu akan masuk ke halaman seperti ini. 

Image result for buat akun google plus

2) Dihalaman tersebut klik “Buat Akun”, setelah itu kamu akan dibawa ke halaman pendaftaran akun Google. Isikan data-data yang sesuai ke dalam kolom pengisian tersebut (contoh pengisian dapat kamu lihat pada contoh gambar dibawah berikut). 

Image result for buat akun google plus

Penjelasan pengisian kolom pada gambar

1. Name : isikan nama depan dan nama belakang kamu 

2. Choose your username : isi sesuai dengan nama yang kamu inginkan, username ini nantinya berfungsi sebagai email login untuk akses ke dashboard blogspot kamu dan bisa juga untuk login ke Gmail. (jika username tidak tersedia, tambahkan angka atau huruf di belakangnya). 

3. Create a password : isi dengan password yang akan kamu gunakan, (gunakan password yang mudah kamu ingat saja) 

4. Confirm your password : masukkan kembali password yang sama dengan kolom create a password. 

5. Birthday : Isikan bulan dan tanggal kelahiran kamu. 

6. Gender : Pilih jenis kelamin. 

7. Mobile phone : Isikan nomer handphone kamu. 

8. Your current email address : kolom ini dikosongkan saja. 

9. Prove you’re not a robot : jika kamu centang, maka kode angka (chaptcha) tidak akan tampil, namun membutuhkan verifikasi lewat nomer handphone. Jika tidak kamu centang, maka kode angka (chaptcha) harus kamu isi, masukkan kode chaptcha sesuai dengan angka/huruf yang tampil di gambar.

10. Location : pilih Indonesia (terkadang sudah terisi otomatis). 

11. I agree to the Goolge . . . . : centang kotak tersebut sebagai dasar persetujuan layanan akun Google. 

12. Terakhir adalah klik tombol Next step (tombol kotak berwarna biru ).

3) Setelah kamu klik tombol next step, langkah berikutnya adalah memasukkan nomer handphone kamu kedalam kotak yang ada (seperti terlihat dalam gambar). Setelah mengisi, pilih Text message (SMS) lalu lanjutkan dengan mengklik tombol continue.

Image result for no hp blogger

4) Setelah kamu mengklik tombol continue, kamu akan segera mendapatkan pesan sms dari Google yang berisi kode verifikasi ke handphone kamu. Ketikkan sms kode verifikasi Google seperti pada halaman berikut ini (lihat gambar dibawah). Lalu klik tombol continue untuk melanjutkan proses berikutnya.

Image result for kode verifikasi blogger  

5) Setelah kamu lakukan dengan benar langkah pengisian kode verifikasi diatas, maka saat ini kamu sudah memiliki akun Google. Untuk kamu ketahui, akun Google ini bisa digunakan untuk fasilitas lain yang disediakan oleh Google, seperti Google plus, Youtube, Gmail, Google drive, Google analytics, dll. Langkah selanjutnya adalah dengan mengklik tombol biru bertuliskan Back to Blogger untuk memulai membuat blog di Blogspot.

6) Langkah selanjutnya adalah mengkonfirmasikan profil yang akan kamu gunakan. Oleh karena kita hanya akan membuat blog di Blogspot, maka profil yang kamu pilih sebaiknya kotak yang betuliskan Buat profil Blogger terbatas saja (lihat gambar dibawah).  

7) Isikan nama profil blogger sesuai dengan nama yang kamu inginkan. Nama ini akan kamu gunakan sebagai admin di Blogspot. Lalu lanjutkan dengan mengklik tombol orange yang bertuliskan Lanjutkan ke Blogger. Dengan mengklik tombol tersebut, kamu akan di bawa kehalaman situs blogger.com. Dihalaman inilah kamu dapat memulai membuat blog di Blogspot. 

Image result for dasbor blogger

Gambar diatas adalah tampilan halaman administrasi di Blogspot. Untuk memulai membuat blog baru kamu di Blogspot , ikuti kembali langkah-langkah di bawah ini: 

1) Klik tombol Blog Baru untuk memulai membuat blog (lihat gambar).

Image result for blog baru blogger

2) Setelah mengklik tombol Blog Baru, maka akan muncul pop up. Isikan kolom pengisian pada form tersebut.

Image result for blog baru blogger

Judul : Isi dengan Judul blog sesuai dengan nama blog yang kamu inginkan. 

Alamat : Alamat ini adalah alamat URL blog kamu nantinya (jangan diisi dengan alamat rumah yaa). Sesuaikan alamat URL blog dengan tema blog yang akan kamu buat. Jika nama alamat blog tidak tersedia (mungkin sudah digunakan oleh orang lain dengan nama tersebut), kamu dapat menambahkan angka, titik atau tanda baca min (-). Untuk akhiran (dot) .blogspot –nya akan terisi secara otomatis. 

Template : Template ini berfungsi sebagai bentuk desain blog kamu. Pilih saja salah satu template di kolom yang sudah disediakan (kamu dapat merubah tampilan blog sesuai dengan keinginan kamu nantinya) Setelah mengisi data dan memilih template, klik tombol yang bertuliskan Buat Blog. 

3) Sekarang kamu sudah mempunyai sebuah blog di Blogspot, klik tombol Lihat blog (seperti pada gambar di bawah) untuk melihat wajah blog kamu yang baru (tampilan disesuaikan dengan template yang kamu pilih pada langkah sebelumnya). Setelah kamu mengetahui wajah dari blog kamu seperti apa, langkah selanjutnya adalah dengan mengetahui terlebih dahulu fungsi-fungsi yang terdapat didalam halaman admin blog kamu. Dengan memahami fungsi-fungsi tersebut, kamu akan menjadi lebih mudah untuk memulai dan mengelola blog kamu. 

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang Cara Membuat Blog di Blogspot Lengkap Untuk Pemula. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Assalamu'alaikum wr.wb. Kali ini saya akan membahas tentang Cara Membuat Blog di Blogspot Lengkap Untuk Pemula. Untuk membuat blog di Blogspot dibutuhkan akun Google, bagi kamu yang sudah memilik alamat email di Google, kamu dapat melewati tahap ini dengan menggunakan alamat email kamu tersebut untuk login di Blogspot, namun bagi yang belum punya mari kita lanjutkan cara membuat akun di Google. Berikut adalah langkah langkah untuk membuat akun di Google.