Mengenal Setting Dasar Artikel Lengkap Untuk Pemula



Image result for blogger

Assalamu'alaikum wr.wb.

Kali ini saya akan membahas tentang Setting Dasar Artikel. Membuat blog di blogspot sebenernya cukup mudah kan, namun yang lebih sulit adalah mengelola blog kamu yang baru tadi menjadi sebuah blog yang memiliki otoritas dan kemajuan yang berarti buat kamu di masa yang akan datang.


Sebelum kamu memutuskan untuk mempublish artikel pertama kamu dalam blog, ada baiknya kamu mengetahui beberapa setting dasar artikel di blogspot. Hal ini perlu kamu ketahui supaya kamu memahami cara untuk mengelola artikel yang akan kamu publish. Berikut saya berikan informasi tentag hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatur setting dasar artikel yang akan di publish.

1. Label

Image result for setelan entri dasar artikel blogger

Label merupakan pengelompokan berdasarkan kategori artikel-artikel postingan kamu, dengan memberikan label (kategori) untuk setiap artikel, akan memudahkan pengunjung blog kamu dalam menjelajahi seluruh blog kamu melalui label (kategori) yang mereka inginkan.

Sebagai contoh , jika blog yang kamu buat bertopik perbaikan mobil, maka kamu dapat meng-kategorikan artikel kamu kedalam beberapa label seperti, perbaikan mesin, perbaikan chassis, perbaikan rem, steering, dll.

Dengan membuat label, struktur blog kamu juga akan menjadi lebih rapi dan mudah untuk di jelajahi, sehingga pengunjung blog kamu semakin betah untuk berlama-lama membaca artikel kamu. 

2. Jadwal

Image result for setelan entri dasar artikel blogger

Setelah label, langkah berikutnya adalah penjadwalan waktu terbit artikel. Penjadwalan ini di perlukan untuk menjaga konsistensi jadwal terbit artikel kamu.

Perlu kamu ketahui bahwa artikel yang terbit secara konsisten memiliki peluang yang lebih baik di mata mesin pencari google di bandingkan dengan blog yang terbit artikelnya tidak teratur.

Kamu tinggal menentukan, apakah artikel kamu ingin terbit setiap hari atau seminggu sekali seperti yang di blog saya di grazord.blogspot.com atau kamu terbitkan artikel tersebut dua minggu sekali, tergantung kemampuan kamu dalam membuat artikel yang berkualitas.

Ada dua pilihan dalam jadwal ini, yaitu otomatis ( disesuaikan dengan setting tanggal komputer kamu) atau kamu ingin terbitkan sesuai jadwal yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Jangan lupa untuk mengklik tombol selesai apabila kamu sudah menyetel waktu terbit artikel kamu.

3. Tautan Permanen

Image result for setelan entri dasar artikel blogger

Tautan permanen adalah link URL yang akan di buat sesuai dengan judul artikel yang kamu buat, contoh ini dapat kamu lihat di location bar pada browser kamu (lihat contoh pada gambar di bawah).


Ada dua cara dalam pembuatan URL tersebut, hal ini akan berkaitan dengan SEO (Search Engine Optimization). 

a. Tautan Permanen Otomatis Tautan permanen ini akan terbentuk otomatis setelah kamu membuat Judul Posting. Ia akan menyesuaikan kurang lebih sebanyak 6 kata, sehingga jika judul posting yang kamu buat lebih dari 6 kata, maka secara otomatis ia akan terpotong, sehingga di anjurkan untuk membuat tautan permanen dengan menggunakan Tautan permanen khusus (namun membutuhkan pengetahuan tambahan tentang penggunaan kata kunci dalam artikel). 

b. Tautan Permanen Khusus Tautan permanen khusus ini biasanya digunakan apabila kamu sudah memahami penggunaan kata kunci yang banyak digunakan dalam artikel kamu. Hal ini digunakan untuk memudahkan mesin pencari menemukan artikel kamu berdasarkan kata kunci dalam artikel.  

4. Lokasi

Lokasi ini bisa digunakan apabila diperlukan.

5. Pilihan

Image result for setelan lokasi entri dasar artikel blogger

a) Komentar pembaca : mengatur apakah pengunjung boleh atau tidak untuk memberikan komentar mereka di artikel kamu, sebaiknya pilih untuk izinkan komentar. 

b) Mode Tulis : Mode saat kamu menulis artikel (ganti jika diperlukan) 

c) Baris Baru : Mode untuk mengatur paragraf (baris baru) ganti jika diperlukan. Jangan lupa untuk menekan tombol selesai untuk menyimpan penyetelan. 

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang Setting Dasar Artikel. Semoga Bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Assalamu'alaikum wr.wb. Kali ini saya akan membahas tentang Setting Dasar Artikel. Membuat blog di blogspot sebenernya cukup mudah kan, namun yang lebih sulit adalah mengelola blog kamu yang baru tadi menjadi sebuah blog yang memiliki otoritas dan kemajuan yang berarti buat kamu di masa yang akan datang.