Mengenal Fungsi Dashboard Blogspot

Image result for bloggerImage result for blogger

Assalamu'alaikum wr.wb.

Kali ini saya akan membahas tentang Fungsi Dashboard Blogspot. Untuk memulai kegiatan ngeblog, tentu kamu perlu memahami fungsi-fungsi yang ada di dashboard blogspot. Selain untuk menghindari kesalahan klik dan kesalahan penggunaan yang tidak tepat, kamu dapat memulai aktifitas ngeblog kamu dengan lebih nyaman dan teratur.


Untuk melihat dashboard blog yang baru kamu buat, klik pada judul blog seperti pada gambar di bawah untuk masuk kedalam dashboard administrasi blog kamu. Berikut adalah tampilan dashboard pada blog yang akan kamu kelola. 

 Image result for dashboard administrasi blog kamu.

Keterangan nomer pada gambar
1. (gambar pensil) : Untuk memulai membuat artikel/postingan. 

2. (gambar sheet) : Untuk melihat artikel-artikel yang sudah kamu buat. 

3. (tombol lihat blog) : Untuk melihat tampilan blog kamu. 

4. Entri baru : Untuk memulai membuat artikel baru (sama dengan no 1)

5. Ikhtisar : Melihat ikhtisar blog kamu ( tampilan sama dengan gambar diatas)

6. Pos : Untuk melihat artikel yang sudah kamu buat ( sama dengan no 2)

7. Laman : Untuk membuat halaman baru.  

8. Komentar : Untuk melihat komentar yang masuk ke blog kamu. 

9. Google+ : Untuk mengkoneksikan akun blog kamu dengan Google Plus.

10.Statistik : Untuk melihat statistic perkembangan blog kamu. 

11.Kampanye : Untuk mengkampanyekan blog melalui Google Adwords. 

12.Tata Letak : Untuk mengatur tata letak desain blog kamu. 

13.Template : Untuk melakukan perubahan pada desain blog. 

14.Setelan : Untuk melakukan konfigurasi setelan dasar blog kamu. 

15.Profil dan setelan akun: Untuk log in, log out dan penyetelan akun blogger kamu. 

Langkah selanjutnya sebelum memulai membuat artikel, hal yang perlu kamu lakukan setelah mengetahui fungsi dashboard adalah melakukan setelan dasar blog yang sudah kamu buat tadi. Untuk melakukannya , ikuti langkah-langkah dibawah berikut ini :  

1. Klik tulisan Setelan.

2.Lalu dilanjutkan dengan klik pada tulisan Dasar.
Didalam menu setelan > dasar, hal yang paling penting untuk kamu atur ada pada bagian pertama saja yaitu pada bagian Dasar , lalu klik edit (lihat gambar dibawah). Isikan pada bagian Deskripsi dengan isi kalimat yang menerangkan deskripsi singkat blog kamu, misalnya blog kamu bertopik perbaikan mobil, maka sebagai contoh, kolom deskripsi tersebut dapat kamu tulis perbaikan mobil, ringan, mudah dan cepat. Setelah itu simpan dengan mengklik tombol orange bertuliskan simpan perubahan. 

3. Setelan Pos Dan Komentar.
Pada menu pos, kamu dapat mensetting jumlah artikel yang akan tampil pada halaman home blog kamu, pada contoh diatas saya tulis angka 5, artinya artikel yang terlihat di halaman home pada blog saya akan berjumlah 5 artikel/posting. Untuk Templat Entri saat ini di biarkan saja, lalu untuk tampilkan gambar dengan lightbox bisa kamu pilih Ya untuk menampilkan gambar yang menggunakan frame lightbox.
Pada menu Komentar, kamu dapat mengatur apakah komentar itu akan kamu tampilkan di blog atau tidak, atau siapa saja yang bisa berkomentar di blog kamu . Untuk melakukan pemfilteran komentar ini, kamu dapat memilih moderasi komentar pada poin Selalu. Isi kolom yang ada dengan alamat email kamu pada saat awal kamu membuat akun Google. Kemudian simpan setelan dengan mengklik tombol Simpan setelan disudut kanan atas.  

4. Setelan Seluler dan Email.
Untuk saat ini setelan seluler dan email kita lewatkan saja karena setelan ini digunakan melalui perangkat seluler untuk membuat artikel, dan saya rasa agak sedikit sulit untuk mendapatkan hasil artikel yang sesuai jika mempublish melalui perangkat seluler.  

5. Setelan Bahasa dan pemformatan.
Setelan Bahasa dan pemformatan ini berfungsi untuk mengatur bahasa dan format waktu yang digunakan didalam dashboard blog kamu. Atur waktu dan bahasa sesuai dengan kondisi kamu. Jangan lupa untuk menyimpan setelan setelah melakukan perubahan tersebut. 

6. Setelan Preferensi penelusuran.
Untuk setelan preferensi penelusuran saat ini yang perlu kamu lakukan hanyalah menyetel pada menu Tag Meta. Pilih edit pada bagian deskripsi lalu pilh ya. Kemudian isi dengan kata kunci yang berkaitan dengan blog kamu, jika tentang perbaikan mobil kamu dapat mengisinya dengan kata-kata seperti ini; Blog berisi tentang cara memperbaiki mobil. Kemudian jangan lupa untuk menyimpan setelan setelah melakukan perubahan.  

7. Setelan Lainnya.
Untuk setelan lainnya, saat ini belum perlu kamu ubah, namun jika artikel kamu sudah mulai terisi dan semakin banyak, baru kamu dapat memulai untuk melakukan setting pada setelan Lainnya (disetel jika sudah mulai dirasa perlu). 

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang Fungsi Dashboard Blogspot. Semoga Bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Assalamu'alaikum wr.wb. Kali ini saya akan membahas tentang Fungsi Dashboard Blogspot. Untuk memulai kegiatan ngeblog, tentu kamu perlu memahami fungsi-fungsi yang ada di dashboard blogspot. Selain untuk menghindari kesalahan klik dan kesalahan penggunaan yang tidak tepat, kamu dapat memulai aktifitas ngeblog kamu dengan lebih nyaman dan teratur.